Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Selasa, Mei 29, 2012

Membangun DNS dan Web Server pada jaringan

LATAR BELAKANG

            Evaluasi merupakan bagian dari proses pendidikan yang dilakukan untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar guna membantu perkembangan peserta Diklat, serta memberikan umpan balik bagi instruktur Diklat di dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan dimasa mendatang.
            Penilaian hasil belajar oleh pendidik harus dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar. Penilaian hasil belajar oleh pemerintah antara lain dilakukan melalui Ujian Nasional. Pada Tahun Pelajaran 2011/2012 ujian nasional bagi peserta didik SMK diatur dalam Permendiknas Nomor 59 Tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan Satuan Pendidikan dan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) No 0011/P/BNSP/XII/2011Tentang Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, dan sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun Mata Pelajaran yang diujikan secara nasional bagi peserta didik SMK terdiri atas: 1) Bahasa Indonesia, 2) Bahasa Inggris, 3) Matematika, 4) Kompetensi Keahlian. Prosedur dan mekanisme pelaksanaan ujian 3 mata pelajaran diatur dalam Surat Keputusan adan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) nomor 0148/SK-POS/BSNP/I/2011 tentang Prosedur Operasional standar (POS) Ujian Nasional SMP/MTs, SMPLB, SMA, SMAB, dan SMK Tahun Pelajaran 2011/2012. Khusus Uji Kompetensi Keahlian dilaksanakan sebelum pelaksanaan UN dan teknis pelaksanaannya akan diatur dalam ketentuan tersendiri.
Oleh karena kurikulum SMK dikembangkan dan dilaksanakan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi (competency-based curriculum), maka penilaian hasil belajar harus menggunakan metode penilaian berbasis kompetensi (competency-based assessment). Pelaksanaan penilaian
hasil belajar berbasis kompetensi diarahkan untuk mengukur dan menilai performansi peserta uji meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penilaian terhadap hasil belajar pada SMK dilaksanakan melalui Uji Kompetensi Keahlian sesuai dengan kriteria kinerja (performance criteria) yang dituangkan dalam soal Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan.
            Karena berkaitan dengan Kompetensi Keahlian, maka pelaksanaannya harus melibatkan DU/DI atau Instansi yang relevan dengan Program Keahlian yang diujikan. Dengan keterlibatan secara aktif unsur external dari dunia usaha/industri diharapkan dapat terwujud suatu langkah strategis dalam menciptakan sumber daya manusia tingkat menengah yang berkualitas


MAKSUD DAN TUJUAN
1. MAKSUD

            Maksud dilaksanakannya Uji Kompetensi Keahlian adalah untuk mengukur penguasaan kompetensi peserta Diklat pada komponen Produktif yang meliputi aspek kognitif, psikomotorik dan afektif sesuai dengan program keahliannya berdasarkan standar dunia usaha/industri, sehingga peserta Diklat yang berhasil memenuhi persyaratan standar kelulusan akan memperoleh sertifikat Kompetensi Keahlian.

2. TUJUAN

            Tujuan dilaksanakannya Uji Kompetensi Keahlian adalah :
1.      Mengevaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)  Komponen Produktif yang telah dilaksanakan dan untuk melihat sejauh mana hasilnya dalam meningkatkan  kemampuan Peserta Diklat.
2.      Meningkatkan mutu pendidikan, khususnya tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang kompetensinya dapat diakui oleh pihak DU/DI dengan diterbitkannya  Sertifikat Kompetensi Keahlian.
3.      Memberikan pengakuan kepada peserta diklat atas kompetensi yang telah dikuasainya dalam bentuk Sertifikat Kompetensi Keahlian.
4.      Untuk membantu dunia usaha/industri dalam merekrut tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang keahliannya.
5.      Hasil Uji Kompetensi Keahlian merupakan salah satu variabel yang digunakan dalam perhitungan untuk penentuan Kelulusan Peserta Didik dalam Ujian Nasional. Standar Kelulusan UN Minimal pada Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah memperoleh nilai rata-rata 5,50 (lima koma lima nol).


PETUNJUK
1.      Periksalah dengan teliti dokumen soal ujian praktik, yang terdiri dari 4  halaman.
2.         Peralatan utama dan pendukung berupa :
2.1.   PC Client
2.2.   PC Server  telah disediakan
2.3.   HUB / Switch
2.4.   Cabel Tester
2.5.   Kabel UTP
2.6.   Konektor RJ 45 
2.7.   Obeng +, -
2.8.   1 NIC Tambahan ( Ethernet 10/100Mbps)
2.9.   Gelang Anti Static
2.10.                  Stabilizer
2.11.                  Crimping Tool

ii.      Keselamatan Kerja
1.      Gunakan alat keselamatan kerja berupa baju praktek, Sepatu karet (Anti Static) dan Gelang Anti Static
2.      Saat menghidupkan komputer dan mematikan gunakan prosedur yang benar
3.      Pergunakan alat ukur / tester sesuai prosedur.


III.       DAFTAR PERALATAN, KOMPONEN, DAN BAHAN


No.
Nama
Alat/Komponen/Bahan
Spesifikasi
Jumlah
Keterangan
1
2
3
4
5
1
PC Server
Minimal Pentium IV
a.       Casing
b.      PS 250 Watt
c.     Processor 2,4 GHz
d.    Ram 256 MB
e.     HDD 40 GB
f.       Min. CD Drive 32 X
g.      Keyboard
h.      NIC 10/100 Mbps 
i.        Min Monitor 14 “




2
PC Client
Minimal Pentium IV
a.     Casing
b.     PS 250 Watt
c.     Processor 2,4 GHZ
d.    Ram 256 MB
e.     HDD 40 GB
f.      Min. CD Drive 32 X
g.     NIC 10/100 Mbps
h.     Min Monitor 14”
i.       Keyboard
j.       Mouse


4
Switch / Hub
Minimal 4 Port


5
Crimping Tool
Untuk RJ 45


6
Cable Tester
Untuk RJ 45


7
Obeng +
Ukuran screw PC


8
Obeng -
Ukuran screw PC


9
Stabilizer
Min 500 Watt



Bahan



1.
Kabel UTP
10 meter


2.
Konektor RJ 45
6 buah


3.
CD OS Windows XP
1 buah



IV.        SOAL/TUGAS


1.      Membangun DNS dan Web Server pada jaringan
Opsi konfigurasi :
Konfigurasi Server
1.     IP Virtual                      = Sesuai dengan kondisi lab. Jaringan yang diberikan
2.     IP LAN                        = 192.168.50.1/24
Konfigurasi Client
3.     IP LAN                        = 192.168.50.xxx/24
4.              Proxy                           = 192.168.50.1           
Keterangan : xxx merupakan address antara 2 sampai 254

Konfigurasi Server
1.              Sistem Operasi            = OS Linux
2.              Port proxy                  = 3128
3.              DNS server     = dengan domain www.sekolah.sch.id
4.              Virtual directory= dengan format : http:// www.sekolah.sch.id/~datasekolah
5.              Domain baru   = dengan nama : http:// www.profilku.com
6.              Web Server dan Ftp Server dengan benar
7.              Proxy server    = dengan Blocking Site           : www.profilku.com


 








 



                                                                                                          
                                                                                                                       


 
                                                           
              PC Client                   Switch                     



Implementasikan topologi diatas untuk melakukan pengujian fungsi Web Server, Ftp Server dan DNS Server, dengan ketentuan :
a.       Membuat perencanaan sesuai dengan topologi jaringan yang disediakan
b.      Melakukan Perakitan PC Server dan Instalasi OS Linux
c.       Instalasi PC Client (Windows XP) dan membuat website (www.sekolah.sch.id dan www.profilku.com ) sesuai dengan aplikasi yang sudah ditentukan
d.      Melakukan konfigurasi DNS Server, Ftp Server dan web Server
e.       Melakukan instalasi implementasi sesuai topologi
f.       Melakukan pengujian fungsi jaringan (sistem koneksi) dan pengujian aplikasi server.


Alat dan Bahan yang digunakan :


No.
Nama
Alat/Komponen/Bahan
Spesifikasi
Harga
Ket.milik
1
2
3
4
5
1
PC Server
Minimal Pentium IV
j.        Casing
k.      PS 250 Watt
l.       Processor 2,4 GHz
m.   RAM 256 MB
n.     HDD 40 GB
o.      Min. CD Drive 32 X
p.      Keyboard
q.      NIC 10/100 Mbps 
r.        Min Monitor 14 “

Rp.1.000.000

Sekolah
2
PC Client
Minimal Pentium IV
k.     Casing
l.       PS 250 Watt
m.   Processor 2,4 GHZ
n.     RAM 256 MB
o.     HDD 40 GB
p.     Min. CD Drive 32 X
q.     NIC 10/100 Mbps
r.      Min Monitor 14”
s.      Keyboard
t.      Mouse

Rp.1.000.000

Sekolah
4
Switch / Hub
Minimal 4 Port
Rp. 75.000
Sekolah
5
Crimping Tool
Untuk RJ 45
Rp. 45.000
Sekolah
6
Cable Tester
Untuk RJ 45
Rp. 35.000
Sekolah
7
Obeng +
Ukuran screw PC
Rp.  20.000
Sekolah
8
Obeng -
Ukuran screw PC
Rp. 20.000
Sekolah
9
Stabilizer
Min 500 Watt
Rp. 80.000
Sekolah

Bahan



1.
Kabel UTP
10 meter
Rp. 25.000
Sekolah
2.
Konektor RJ 45
6 buah
Rp. 6.000
Sekolah
3.
CD OS Windows XP
1 buah
Rp. 580.000
Sekolah
4.
CD OS Ubuntu Server
1 buah
Rp. 5.000
Sekolah
5
Jasa Teknisi
Instalasi, Management, dan Perakitan.
Rp. 400.000
Sendiri
TOTAL SELURUH
Rp . 3.291.000 -,



Rencana Anggaran Biaya


1.      Rencana anggaran Biaya 15% x total biaya

 

 15       x    Rp. 3.291.000  =  Rp. 493.650,-
100

2.      Rencana anggaran biaya yang harus dibutuhkan adalah sebesar :

Rp. 3.291.000  +  493.650 = 3.784.650,-




                                                                                                 
Sasaran :

1.      Small Office Home
2.      Warnet
3.      Sekolah











PENUTUP
Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah , Penulis panjatkan syukur kehadirat Allah SWT, yang mana atas rahmat dan hidayah-Nya akhirnya penulis dapat menyelesaikan Proposal dalam rangka Ujian Kompetensi Kejuruan ( UKK ) di SMK TARUNA BHAKTI dan tidak lupa pula Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Penulis .
Penulis juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pembimbing yang telah membimbing sampai Penulis menyelesaikan Proposal ini .
Penulis mohon maaf atas segala kesalahan yang telah diperbuat,baik disengaja maupun tidak disengaja.Penulis juga menyadari bahwa Penulis disini juga masih tahap belajar sehingga terdapat banyak kekurangan dalam mengerjakan Proposal ini dan Penulis juga masih banyak membutuhkan bimbingan kepada semua pihak.






Hormat Kami


Penulis

separador

0 komentar:

Posting Komentar

Followers